Mengenal lebih jauh tentang Google adsense

google adsense

Apa sih google adsense itu? Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengenai salah satu program advertisment network yang dicetuskan perusahaan Google ini. Karena saya merasa informasi mengenai program ini sangatlah bermanfaat, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai google adsense.

Konsep google adsense

Mengenai konsep atau cara kerja dari goole adsense, mudahnya seperti ini: seorang pengiklan hendak meminta jasa kepada penyedia layanan iklan untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen. Dalam memenuhi permintaan pengiklan, jasa periklanan pun meminta seorang publisher untuk melakukan pekerjaan tersebut. Akhirnya, dengan bantuan publisher produk tersebut diketahui oleh konsumen.

Sama seperti konsep diatas, di dalam google adsense, terdapat 4 komponen pekerja yang harus menjalankan konsep diatas yaitu advertiser atau pengiklan, penyedia layanan iklan atau provider, publisher dan terakhir konsumen. Ini penjelasannya!

  1. Pengiklan

Pengiklan ialah seorang yang memiliki perusahaan produk tertentu yang berkeinginan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Untuk itu, ia membutuhkan bantuan dari provider atau penyedia layanan iklan. Dalam hal ini, seorang pengiklan memilih google adsense sebagai penyedia layanan iklan. Dengan melakukan beberapa tahap pendaftaran, registrasi hingga menentukan sebuah kesepakatan antara pihak google adsense dan pengiklan, google adsense pun menyetujui untuk memasang iklan produk perusahaan tersebut.

Adapun, syarat untuk menjadi seorang pengiklan adalah terdaftar ke google adword (tool dari google adsense). dengan menggunakan email .Setelah mendaftar dan menetapkan kesepakatan tertentu, mereka dapat memilih jenis iklan apa yang hendak mereka buat untuk kemudian diproses oleh pihak google adsense.

  1. Provider iklan

Provider atau penyedia layanan dalam hal ini adalah google adsense. Setelah melakukan beberapa kesepatan mengenai biaya dan sebagainya, pihak google adsense dapat menjalankan perannya sebagai seorang fasilitator yang memfasilitasi klien-nya dengan cara mengiklankan produk mereka dengan format atau bentuk iklan yang telah dipilih. Adapun, format iklan dapat dikatagorikan menjadi beberapa penempatan seperti adsense for content, meletakkan iklan pada halaman blog publisher. Lalu, adsense for search, meletakkan iklan pada mesin pencari google. lalu, adsense for video, meletakkan iklan pada video seperti pada Youtube. Terakhir adalah adsense for mobile, meletakkan iklan pada perangkat mobile.

  1. Publisher

Selanjutnya adalah publisher. Publisher merupakan seorang yang ditugaskan untuk mempromosikan produk pengiklan yang sudah terdaftar pada google. untuk menjadi seorang publisher google adsense, tidaklah harus dari kalangan profesional. Masyarakat seperti kita pun bisa melakukan pekerjaan ini! Asalkan memiliki blog atau situs pribadi, anda sudah bisa membantu pihak google dalam mempromosikan iklan. Namun, untuk menjadi seorang publisher diwajibkan terlebih dahulu melakukan pendaftaran pada google adsense. Untuk mendaftar menjadi seorang publisher, pihak google tidak memungut biaya sepersenpun! Pihak google hanya menjelaskan bahwa seorang calon publisher yang diterima adalah seseorang yang memiliki blog menarik serta bebas dari plagiarisme. Biasanya, ketika google adsense telah menentukan publisher yang tepat, dengan menggunakan perangkat khusus ia pun akan memasang iklan sesuai dengan tema atau bahasan artikel publisher.

  1. Konsumen

Setelah iklan sudah dipasang pada situs publisher, akhirnya visitor yang berkunjung ke situs publisher pun melihat iklan. Apabila ia tertarik dengan produk tersebut, ia pun akan mencari tahu lebih mendalam lagi dengan cara mengklik iklan tersebut. Dengan satu kali klik yang dilakukan visitor atau konsumen, maka publisher pun akan mendapat imbalan dari google adsense.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.